Sunday, October 18, 2009

METODE RISET (minngu ke-3)

ANALISIS JURNAL 12 Oktober 2009


EKSPEKTASI PELANGGAN DAN APLIKASI BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS TOKO MODEREN DEMGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI INTERVENING
(Studi Kasus pada Hypermarket Carrefour di Surabaya)


A. Perumusan Masalah
Dari latar belakang masalah yang telah dikemukakan diatas, maka dapat dirumuskan pokok permasalahan yang ada sebagai berikut:
1. Bagaimana tingkat harapan pelanggan toko moderen yang dijelaskan oleh pelanggan Hypermarket Carrefour Surabaya?
2. Bagaimana penilaian pelanggan terhadap aplikasi bauran pemasaran eceran yang dilakukan oleh Hypermarket Carrefour Surabaya?
3. Apakah terdapat pengaruh nyata langsung antara harapan pelanggan dan aplikasi bauran pemasaran eceran terhadap loyalitas pelanggan took moderen yang dijelaskan oleh Hypermarket Carrefour Surabaya?

B. Latar Belakang
Perdagangan eceran pada pasar moderen di Indonesia mengalami pertumbuhan dan persaingan pesat dengan masuknya perusahaan besar seperti : Alfa, Makro, Carrefour, Giant, Hypermart dan lainnya. Hal ini mendorong perusahaan pengecer besar untuk tetap melakukan penelitian terhadap perilaku para pelanggannya. Hal ini diperlukan untuk dapat memberikan masukan kepasa pihak manajemen dalam menyusun strategi bersaingnya dalam kondisi makin ketatnya persaingan.

C. Tujuan
1. Mengetahui tingkat harapan pelanggan terhadap pasar moderen yang dapat dijelaskan oleh pelanggan Carrefour Surabaya
2. Mengetahui penilaian pelanggan pasar moderen terhadap aplikasi bauran pemasaran eceran yang dapat direpresentasikan oleh pelanggan Carrefour
3. Mengetahui apakah harapan pelanggan dan aplikasi bauran pemasaran dapat berpengaruh langsung kepada loyalitas pelanggan pasar moderen di Surabaya

D. Hasil Penelitian
1. Ekspektasi pelanggan terhadap produk dan jasa yang ditawarkan oleh toko moderen ternyata berpengaruh langsung secara negative terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan toko moderen
2. Aplikasi bauran pemasaran eceran yang dilakukan oleh toko moderen berpengaruh langsung secara positif terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas took moderen
3. Kepuasan pelanggan dapat merupakan variable intervening positif antara ekspektasi pelanggan dan aplikasi bauran pemasaran eceran terhadap loyalitas toko moderen




E. METODOLOGI
Sumber data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data berasal langsung dari objek penelitian, yaitu berupa kuesioner yang diberikan langsung kepada responden.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan toko moderen di Surabaya. Sedangkan teknik pengambilan sample yang digunakan adalah judgement sampling, yaitu peneliti memilih sample berdasarkan penelitian terhadap beberapa karakteridtik anggota sample yang disesuaikan dengan maksud penelitian.
Jumlah sample dipilih menggunakan rumus yang dikemukakan Hair et al,(1999), yaitu :

n = Z2 a/2(P.Q)/e2

Ket : Za2 = nilai standar (Z) disesuaikan dengan selang kepercayaan (1-a)100%
P = Estimasi proporsi populasi yang menjadi target pengambilan sample
Q = (1-P) adalah proporsi yang tidak menjadi target pengambilan sample
e = toleransi tingkat kesalahan pengambilan sample yang dapat diterima

No comments:

Post a Comment